Yuk Mengetahui Pentingnya INSW Dalam Proses Impor

Pentingnya INSW Dalam Proses Impo

Nah, untuk anda yang sering berhubungan dengan proses ekspor maupun importir, apakah anda pernah mendengar istilah INSW? Dan seberapa pentingkah INSW dalam proses impor? Daripada anda penasaran, langsung saja ulasan selengkapnya berikut ini.

Pentingnya INSW Dalam Proses Impor

Dalam perdagangan internasional, tentu saja INSW sendiri merupakan istilah yang sudah sangat umum lho. Yang mana INSW ini akan melakukan integrasi yang berhubungan dengan dokumen kepabeanan ekspor hingga impor. Tentunya portal informasi ini bisa di akses melalui jaringan internet.

Pada aplikasi INSW, maka anda akan melihat beberapa menu yang memang bermanfaat. Seperti menu yang digunakan dalam menentukan kode klasifikasi atau HS code barang impor. Anda hanya perlu mengetikkan barang yang ingin di ekspor maupun terhadap barang impor. Kemudian setelah itu muncullah beberapa pilihan dari HS code yang disesuaikan pula dengan keyword yang sebelumnya telah anda tuliskan.

Nah, dari informasi yang sudah tertera, maka pilihlah yang memang sesuai dengan barang yang ingin di ekspor/impor. Peran INSW di sini adalah siap menjamin keamanan data hingga informasi secara otomatis. Dari mulai informasi kepabeanan, perizinan, kebandarudaraan, dan kepelabuhan. Hal ini pun berlaku pula terhadap sistem yang berhubungan dengan pelayanan maupun pengawasan kegiatan ekspor-impor.

Memang INSW sudah cukup umum di dalam perdagangan internasional. INSW sendiri banyak membantu dalam hal trading karena menjadi national single window. Dengan begitu, semua proses yang berkaitan dengan trading dapat diawasi serta dimonitor oleh pihak yang memang berkepentingan. Yang mana pengoperasian sistem ini dilakukan menggunakan portal INSW. Dimana bisa diakses dari situs resmi Indonesia NSW.

Pengelolaan portal INSW ini mempunyai tugas tersendiri dalam melakukan berbagai hal, dari mulai penanganan dokumen kepabeanan, perizinan dan berbagai dokumen lainnya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan fungsi dari PP INSW yang perlu anda ketahui.

  • Menjamin sistem pelayanan pada portal INSW yang memang beroperasi tanpa henti maupun memenuhi standar keamanan pada data informasi.

  • Mengkoordinasi maupun melakukan sinkronisasi pertukaran informasi maupun data online di antara pengguna dari portal INSW.

  • Melakukan manajemen pada sistem informasi hingga validasi yang dilakukan secara elektronik terhadap pengguna agar bisa mendapatkan legalitas akses portal.

  • Kemudian menyediakan audit trail.

  • Melaksanakan akses data realisasi dari ekspor maupun impor oleh lembaga penerbit. Yang mana perizinan untuk konfirmasi mengenai realisasi ekspor atau impor terhadap izin yang sudah diterbitkan sesuai ketentuan yang berlaku.

  • Pengintegrasian penerapan dari sistem National Single Window atau NSW ke sistem ASEAN single windows.

  • Menjamin keamanan hingga kerahasiaan data informasi yang telah disampaikan oleh instansi atau lembaga melalui portal INSW.

  • Melakukan tindakan untuk mengatasi gangguan pada sistem pelayanan di portal INSW. PP INSW harus dapat mengatasi permasalahan ini supaya akses INSW bisa kembali lancar.

  • Menyediakan layanan call center atau customer service.

Kelebihan NSW untuk mengatasi berbagai permasalahan ekspor serta impor memicu negara-negara dari ASEAN untuk menerapkannya pula. Tak terkecuali Indonesia yang ikut juga mengimplementasikan sistem tersebut melalui INSW. Dengan adanya INSW, maka hal ini dapat memudahkan dalam melakukan eksportir dan importir. Terlebih lagi proses dokumen serta perizinannya pun dilakukan secara online.

Bahkan, sistem ini juga dapat menghubungkan terhadap instansi-instansi yang terkait dari pelaksanaan impor/ekspor. INSW diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, pelayanan, serta memberikan kepastian untuk para pengguna. Sehingga tidak lain tujuan dari terbentuknya INSW ini adalah meningkatkan efektivitas pengawasan, meningkatkan pelayanan, serta kinerja seluruh aktivitas ekspor/impor.

Cara Kerja Sistem INSW terhadap Transaksi Impor

Nah, apakah anda penasaran seperti apa sih cara kerja dari sistem INSW terhadap transaksi impor? Jika iya, berikut pembahasan selengkapnya yang perlu anda ketahui.

  • Sistem INSW akan menampung semua database perijinan sesuai peraturan Instansi Teknis atau GA-Government Agency, yang meliputi larangan serta pembatasan pada bidang impor.

  • Lembaga teknis terkait lalu meng-upload perijinan yang telah diterbitkannya kepada Portal INSW.

  • Selanjutnya portal INSW ini akan melakukan pengecekan terhadap data Pemberitahuan Impor Barang atau PIB yang dikirim Importir/PPJK secara elektronik terhadap DATABASE LARTAS IMPOR sesuai dengan parameter Nomor HS.

  • Mengenai Nomor HS sendiri memerlukan perijinan, sehingga Sistem INSW nantinya akan melakukan pengecekan kesesuaian data PIB terhadap perijinan terkait sesuai parameter NPWP, Nomor Aju PIB, kode ijin, masa berlaku, nomor serta tanggal perijinan.

  • Mengenai pengecekan kesesuaian pada data PIB hingga perijinan terkait akan memerlukan penelitian yang lebih lanjut. Penyebabnya karena Nomor HS yang ada di PIB ternyata tidak wajib ijin, sehingga Portal INSW yang nantinya memberikan respon tentang Analysing Point, kemudian petugas Analysing Point yang ada di Kantor Pengawasan maupun Pelayanan Bea Cukai akan melakukan pengecekan kesesuaian di data PIB dari perijinan terkait.

  • Untuk melakukan hal ini tidak membutuhkan penelitian lebih lanjut. Mengapa? Karena Nomor HS di PIB ini mutlak wajib ijin, sehingga Portal INSW akan segera melakukan pengecekan dari sistem.

  • Ketika proses pengecekan dari data PIB terhadap perijinan terkait sesuai, Portal INSW pun akan melanjutkan data PIB kepada Sistem Komputer dari Kantor Bea dan Cukai agar dapat diproses lebih lanjut.

  • Ketika memang tidak sesuai, tentunya Portal INSW ini akan memberikan respon penolakan secara elektronik melalui modul EDI Importir dari PPJK.

Pentingnya INSW Dalam Proses Impo

Sudah Saatnya Memilih Jasa Forwarder Terbaik

Nah, anda sudah mengetahui kan pentingnya INSW dalam proses impor seperti yang telah dipaparkan di atas? Kini untuk anda yang merupakan pebisnis dan masih belum mempunyai izin impor, maka anda dapat memanfaatkan jasa forwarder sebagai perantara. Memang jasa yang satu ini ada banyak di luar sana, namun untuk memilih yang terbaik yang sesuai dengan keinginan anda, maka pastikan jasa yang dipilih mempunyai informasi yang jelas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah identitas perusahaan, lokasi kantor, dan kontak mengenai perusahaan tersebut. Ada sebagian jasa forwarder yang menyebutkan bahwa mereka merupakan perusahaan besar ketika dilihat melalui websitenya.

Namun ketika mendatangi kantornya secara langsung, jasa forwarder ini ternyata merupakan bisnis kecil belaka saja. Tentu saja hal yang seperti ini harus dicek terlebih dahulu supaya anda dapat memilih partner yang bisa dipercaya. Anda juga perlu melihat seperti apa track record serta informasi yang berkaitan dengan layanan forwarder.

Anda bisa melihat atau mengetahui apakah perusahaan yang dipilih mempunyai kasus sebelumnya? Apakah jasa forwarder berkembang atau menurun kualitasnya selama beberapa tahun terakhir ini? Yang pasti info yang seperti ini hanya dapat dilihat ketika anda memperhatikan dengan baik track record perusahaannya.

Dan yang paling penting adalah jasa yang dipilih mempunyai transparansi mengenai status pengirimannya. Tentu saja informasi seputar pengiriman sangat penting untuk anda ketahui dalam memprediksi kedatangan barang maupun status dari barang itu sendiri. Maka dari itu, sudah saatnya anda mencari forwarder yang dapat bekerja sama dalam hal update status pengiriman.

Memang pihak pengirim serta forwarder bisa dikatakan sebagai dua entitas berbeda. Namun paling tidak jasa forwarder sendiri mudah dihubungi serta menyampaikan informasi mengenai hal ini. Karena ada banyak jasa forwarder yang terkadang hanya memberitahu jika barang sedang dalam perjalanan dan tidak memberikan informasi yang lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Pilih MTE EXPRESS sebagai Jasa Forwarder Terbaik

Bagaimana? Sudah tahu kan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa forwarder? Nah, untuk anda yang masih kebingungan memilihnya, maka tidak ada salahnya jika anda bisa langsung bertanya kepada teman atau kerabat terdekat yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa forwarder. Pastinya mereka akan merekomendasikan jasa terbaik yang sesuai keinginan anda.

Selain itu, anda juga bisa secara langsung melihatnya melalui internet. Bukalah beberapa website dan lihatlah testimoninya. Ketika memang banyak yang positif, tentunya anda dapat menggunakan jasa tersebut. Nah, salah satu jasa yang bisa dipilih adalah MTE Express. Perusahaan ini hadir agar dapat membantu anda sebagai pelaku bisnis untuk memperoleh dan mengirimkan barang dengan aman hingga sampai ke tangan anda.

Yang jelas kami sebagai MTE Express sudah berpengalaman dalam bidang impor hingga logistik. Tentunya kami akan selalu siap untuk menghubungkan pengiriman logistik, terlebih lagi yang ada di Asia Timur, seperti China, Singapura dan Taiwan ke Indonesia. Dengan memanfaatkan kami sebagai jasa forwarder, tentunya anda dapat mengirimkan barang dengan jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan.

Yang mana anda dapat mengirimkannya dengan jumlah yang besar atau sedikit, tanpa harus mengalami kerugian. Sudah pasti bahwa hal ini akan berbeda ketika anda melakukan pengiriman barang sendiri karena memerlukan biaya transportasi yang pastinya lebih mahal untuk melakukan pengiriman barang dengan jumlah yang kecil ataupun besar sekalipun.

Tidak hanya jumlahnya saja, berbagai macam barang pun dapat dikirimkan kepada kami. Dari mulai bahan pokok seperti beras, padi, jagung, barang berbahaya seperti tabung, material bangunan, baja, besi, dan lainnya.

Layanan yang kami tawarkan pun juga cocok diperuntukkan untuk UKM atau Usaha Kecil Menengah lokal yang memang berbisnis e-commerce dengan pengiriman barang dari maupun luar negeri. Bisa dikatakan bahwa mengirim barang atau produk dari suatu tujuan bisa melibatkan banyak operator, legalitas, dan berbagai persyaratan.

Tentunya jasa forwarder akan menjamin bahwa barang atau produk bisa sampai dengan benar, yang memang sesuai tanggal yang sebelumnya sudah disepakati. Yang jelas layanan yang kami tawarkan sebagai jasa forwarder jauh lebih bervariasi jika dibandingkan dengan shipping agent. Nah, untuk pelayanannya sendiri, memang layanan forwarder ini paling banyak memanfaatkan sea freight atau moda laut serta air freight atau moda udara.

Namun yang menjadi pertanyaannya kini adalah berapakah harga yang ditawarkan? Untuk masalah harga, anda tak perlu khawatir. Mengapa? Karena kami menawarkan harga yang terjangkau yang memang sesuai dengan keuangan anda sebagai konsumen. Walaupun menawarkan harga yang murah, namun bisa dipastikan bahwa kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai INSW dan layanan jasa forwarder yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email