Cara Import Barang dari 1688 ke Indonesia Yang Perlu Diketahui!

cara import barang dari 1688 ke indonesia

ngin berbisnis tapi tidak tahu barang apa dan membeli dimana, tidak perlu bingung. Cukup kunjungi dan cari aneka macam barang, di website 1688.com. Ini adalah salah satu situs jual beli barang dalam jumah besar asal China yang pastinya dapat dipercaya, harganya murah, dan ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara import barang dari 1688 ke Indonesia dan hal-hal lain yang berhubungan dan pastinya harus Anda ketahui.

Apa itu 1688

Sebelum membahas lebih dalam tentang bagaimana cara import barang dari 1688 ke Indonesia, ada baiknya jika Anda mengenal apa itu 1688.com. Ini adalah salah satu marketplace asal China, yang menjual aneka macam produk asal China. Adapun produk yang dijual di tempat ini terbilang sangat beragam, mulai dari aneka koleksi pakaian, aneka perlengkapan dapur, elektronik dan yang lainnya. Tidak hanya itu, marketplace yang satu ini masih berada di bawah naungan Alibaba.com.

Adapun orang atau para pembeli yang mengunjungi marketplace yang satu ini adalah para pedagang atau calon pedagang, yang tujuannya, ingin menjual kembali aneka barang yang telah dibeli sebelumnya. Perbedaan antara Alibaba dan 1688 ini adalah dari sisi penjualan. Jika Alibaba, menjual aneka produk asal China ke berbagai pedagang yang ada di seluruh dunia. Maka untuk 1688 ini, hanya menjual aneka produk yang dijual untuk domestik China saja. Itu sebabnya, rata-rata para pedagang yang menjual produknya di 1688 ini kebanyakan hanya dapat berbahasa China saja, jarang yang dapat berbahasa asing lain.

Walaupun demikian, ada kelebihan menarik ketika Anda berbelanja di website ini, yaitu harga jual produknya jauh lebih murah, dibanding di website lainnya. Ini juga yang jadi salah satu alasan, kenapa banyak calon pembeli yang mulai berbelanja di 1688.com.

Cara import barang dari 1688 ke Indonesia

Seperti yang selintas disebutkan di atas, ketika Anda berbelanja di 1688.com, sebaiknya Anda bekerja sama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga ini yang nantinya mengurus masalah pembayaran, dan pengiriman barang dari China ke Indonesia. Kali ini, Anda membutuhkan jasa Ekspedisi yang kerap disebut dengan Forwarder.

  1. Menentukan harga dan sistem perdagangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan, terutama cara import barang dari 1688 ke Indonesia mudah, adalah menentukan standar pembayaran barang yang akan dibeli pada pihak supplier barang tersebut.

Dalam hal ini, Anda akan menjumpai beberapa istilah sistem pembayaran yang sering digunakan, seperti FOB (Free on Board), maka biaya pengiriman barang yang dibeli, asuransi, dan harga barang yang dibayarkan, akan dilakukan setelah kapal sampai ke pelabuhan bongkar. Ada juga istilah CFR (Cost and Freight), Tidak lain adalah term  untuk menyatakan bahwa  penjual barang bertanggung jawab atas penyerahan barang, antara pihak pemasok, akan menyerahkan barang, setelah melewati batas pagar kapal, yang ada di pelabuhan dalam kondisi sudah memperoleh izin ekspor. Sedangkan biaya pengangkutan sendiri hingga sampai ke pelabuhan tujuan, akan dibebankan pada pihak pemasok.

Selain itu, masuk ada lagi beberapa istilah pembayaran lain yang harus Anda ketahui dan perhatikan, seperti DDP, FAS, dan yang lainnya. Kali ini perhatikan istilah tersebut, dan gunakan sistem pembayaran yang dianggap paling tepat.

  1. Menghubungi pihak forwarder

Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan adalah menghubungi pihak forwarder itu sendiri. Ini adalah jasa pengiriman barang, yang akan membantu Anda dalam mengurus dan juga membantu mengurus berbagai dokumen dan hal lain, yang berhubungan dengan kepabeanan.

Dalam hal ini, Freight forwarder juga yang akan menangani seluruh kebutuhan logistik, dan juga menegosiasikan untuk tarif angkut, pengurusan bea cukai, asuransi dan yang lainnya, hingga akhirnya barang dikirim ke alamat Anda. Tentunya semua hal tersebut, dilakukan secara efektif, tepat waktu, dengan penggunaan biaya yang lebih efisien.

  1. Menentukan cara dan biaya pengiriman

Setelah Anda mengetahui harga dan juga term penyerahan perdagangan yang diberikan oleh pihak pemasok, yang berasal dari luar negeri. Tentunya Anda harus mulai menghitung aneka macam biaya tambahan yang harus dibayar, agar barang yang dibeli di 1688 sampai ke alamat Anda.

Salah satu cara import barang dari 1688 ke Indonesia praktis tentunya menggunakan pihak forwarder. Bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut, akan mempermudah Anda dalam menghitung berbagai macam biaya secara tepat, dan akurat. Mulai dari ketentuan perdagangan, bobot dan dimensi barang yang akan dikirim, serta hal lainnya.

Dalam hal ini, Anda harus memberitahukan pada pihak forwarder, tentang alamat barang yang ada di pihak forwarder, serta informasikan juga mudah atau tidaknya proses pengambilan barang tersebut, di lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

  1. Memilih cara pengiriman yang paling tepat

Terdapat 2 pilihan pengiriman yang dapat Anda lakukan, untuk pembelian barang dari 1688 ke Indonesia, yaitu menggunakan jalur :

  • Laut, atau kerap disebut dengan Ocean Freight. Ini adalah sistem pengiriman barang tepat untuk Anda yang membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak, berat atau juga masal, dan tidak memerlukan waktu yang cepat.

  • Udara, atau kerap disebut dengan Air Freight. Ini adalah sistem pengiriman barang tepat, untuk Anda yang membeli barang dalam jumlah kecil, atau pembelian barang secara mendadak / mendesak.

  1. Asuransikan barang Anda

Adapun tips cara import barang dari 1688 ke Indonesia, penting dan yang perlu Anda pahami adalah selalu mengasuransikan barang yang telah dibeli. Produk asuransi cargo ini, pastinya akan memberikan perlindungan terhadap barang yang akan dikirim, terutama barang yang dikirim menggunakan kapal, baik kapal laut maupun kapal udara. Perlindungan yang diberikan berasal dari ledakan, kebakaran, jatuh, tenggelam, badai, cuaca, dan yang lainnya.

Umumnya ketentuan ini, tercantum secara jelas, dalam kontrak penjualan atau juga Letter of Credit.

  1. Pahami berbagai aturan kepabeanan

Ketika membeli barang, sebaiknya ketahui berbagai aturan kepabeanan yang ada. Terutama tentang pembatasan dan larangan impor barang tertentu. Usahakan barang yang akan dibeli kelak, bukan termasuk barang yang dimaksud.

Atau ketika barang yang akan dibeli tersebut, harus disertai dengan dokumen khusus, dari negara asal, sebaiknya ketahui hal tersebut, sebelum akhirnya membeli, dan masuk ke Indonesia. Diskusikan dan informasikan hal tersebut dengan baik, bersama pihak forwarder yang akan anda ajak kerjasama.

cara import barang dari 1688 ke indonesia

  1. Menentukan teknik pembayaran

Setelah Anda mengetahui harga barang dan hal-hal lain yang harus dibayar, termasuk total biaya pengiriman dan yang lainnya, maka berikutnya adalah menentukan teknik pembayaran yang akan dilakukan.

Umumnya pihak penjual yang ada di 1688, menyediakan beberapa sistem pembayaran, mulai dari bayar menggunakan transfer antar bank, kartu kredit, Wesel Inkaso, Letter of Credit, dan yang lainnya. Seperti biasa, pilih salah satu sistem pembayaran yang dirasa paling bisa Anda lakukan.

  1. Mengatur teknik pengiriman barang

Jika Anda membeli barang di 1688 dalam jumlah banyak, maka cara import barang dari 1688 ke Indonesia via laut adalah pilihan yang tepat. Dalam hal ini jangan lupa untuk mengirimkan aneka notifikasi atau informasi pada pihak forwarder, mulai dari no telepon, maka pemasok, alamat pemasok dan yang lainnya.

Berikutnya pihak forwarder akan memberi instruksi pada perwakilannya yang ada di luar negeri, untuk mengatur pengiriman barang yang Anda beli tersebut. Sedangkan pada saat yang sama, Anda juga perlu untuk menghubungi pihak pemasok, guna menyerahkan barang pada pihak perwakilan forwarder, sesuai dengan nama dan alamat yang Anda miliki.

  1. Mengurus perijinan impor

Pada saat barang sedang dalam proses kirim, Anda akan memperoleh beberapa dokumen tertentu, yang dapat digunakan untuk mengurus kepabeanan, dan kepengurusan lainnya, agar barang tersebut, nantinya sampai ke alamat yang Anda berikan.

Adapun aneka macam dokumen yang dimaksud, antara lain :

  • Commercial invoice, yang berisi tentang nilai barang dan total nilai barang.

  • Bill of lading, surat / dokumen yang diterbitkan oleh pihak Shipping Line/Freight Forwarder, untuk setiap pengiriman barang ekspor.

  • Airway Bill, ini adalah surat pengiriman barang melalui udara.

  • Bill of Lading, packing list dan commercial invoice, dokumen untuk proses eksport import.

  • Selain beberapa dokumen yang disebutkan di atas, ada juga beberapa dokumen pendukung lainnya, seperti Certificate of Origin, packing list, dan yang lainnya.

  1. Mengurus izin impor

Setelah aneka dokumen dari pihak seller Anda terima, Anda sebaiknya mulai mengurus masalah bea masuk dan juga semua hal lainnya, yang berhubungan dengan proses izin impor. Kali ini Anda dapat mengurusnya sendiri atau bisa juga menggunakan pihak lainnya.

Umumnya ketika Anda menggunakan jasa forwarder, dengan teknik Door to Door, masalah pengurusan izin seperti ini termasuk salah satu layanan service yang diberikan. Artinya, Anda hanya perlu duduk tenang, sedangkan masalah dokumen dan pengurusan izin, akan dilakukan oleh pihak penyedia jasa.

  1. Membayar aneka bea masuk dan aneka biaya lainnya

Sesuai dengan ketentuan PPH pasal 22, dan yang lainnya, maka semua barang impor yang masuk ke Indonesia, harus diperiksa dan juga memperoleh Bea Cukai, serta dikenakan Bea Masuk.

Ada juga barang impor yang tidak dikenakan bea, seperti barang untuk hadiah, kesejahteraan rohani, amal, tujuan kebudayaan dan yang lainnya.

  1. Mengeluarkan barang dari kawasan pabean

Jika masalah kepabeanan tersebut, sudah berhasil diatasi, maka barang dapat segera dibawa ke alamat Anda .

  1. Menerima barang dan klaim asuransi

Apabila barang sudah sampai di tempat Anda, berikutnya cek dan periksa semua barang yang berhasil dikirim, pastikan tidak ada kerusakan, atau barang hilang. Apabila ada kerusakan, atau juga ada barang yang kurang, sebaiknya catat dengan jelas, dan informasikan hal tersebut, pada pihak forwarder, dan juga pihak asuransi.

Saat ini tidak sulit untuk mencari pihak forwarder berkualitas dengan layanan yang lengkap. Brand MTE Express salah satunya, bekerja sama dengan penyedia jasa yang satu ini, membuat proses belanja dan cara import barang dari 1688 ke Indonesia, jadi jauh lebih mudah, praktis, dan pastinya lebih simpel. Karena Anda dapat menyerahkan semua kepengurusan tentang dokumen dan hal lainnya pada pihak penyedia jasa. Pihak penyedia jasa yang akan mengurusnya, hingga akhirnya sampai ke alamat yang Anda berikan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email